Home » » POLITIKIni Lima Platform Pemenangan Pemilu PKB

POLITIKIni Lima Platform Pemenangan Pemilu PKB

Written By C. SUkandi on Jumat, 21 Juni 2013 | 14.52

BANYAK hal penting dan strategis yang akhir-akhir ini berkembang di negeri ini,  yang memerlukan perhatian serius partai politik. Dari sekian banyak pointpenting itu, PKB memberikan aksentuasi pada lima hal, dan hal itu menjadiplatform politik PKB dalam menyambut Pemilu 2014. Kelima platform politik tersebut adalah:

1. Penyelamatan demokrasi
Pandangan dan sikap  PKB tentang perlunya demokrasi diarahkan  dengan bersungguh-sungguh agar berkembang secara lebih sehat, adil, dan menyejahterakan. Rakyat harus mendapatkan manfaat secara langsung dalam proses demokrasi. Kehidupan demokrasi harus berlangsung secara tertib, mudah, murah dan menyenangkan.

Demokrasi harus diselamatkan dari hegemoni kekuatan dan kekuasaan kapitalistik. PKB akan berikhtiar memantapkan konsolidasi kehidupan demokrasi, sehingga rakyat merasakan nikmatnya hidup di alam demokrasi. PKB akan terus memperjuangkan kehidupan  demokrasi tanpa korupsi.

2. Stop radikalisme dan pemenuhan hak dasar
Pandangan dan  sikap PKB tentang mutlaknya pemberian jaminan rasa aman bagi masyarakat oleh Negara. Negara harus mencegah menguatnya radikalisme dalam kehidupan beragama, kehidupan sosial dan kehidupan politik.

PKB juga akan terus menerus memperjuangkan terpenuhinya hak-hak dasar masyarakat, terutama hak memperoleh rasa aman dalam menjalankan usaha, kebebasan dalam menjalankan ajaran agama dan beribadah, dan hak  dalam mendapatkan pendidikan yang baik.

3. Kehidupan beragama yang inklusif
Pandangan dan sikap PKB tentang keberadaan dan kondisi yang dihadapi kaum santri dan komunitas beragama di daerah yang menghadapi ancaman dari pihak tertentu yang mengajarkan doktrin ajaran agama yang menyesatkan, ekslusif, berpotensi menumbuhkan permusuhan, dan mempertentangkan/ mendikhotomikan antara paham keagamaan dan paham kenegaraan/ kebangsaan.

Umat beragama yang berusaha memahami dan mengamalkan ajaran agama secara benar dan dewasa harus diselamatkan dari berbagai ancaman, baik ancaman teologis maupun ancaman sosial yang mengganggu ketenangan dalam menjalankan ajaran agama. 

Selain itu PKB juga akan terus memperjuangkan kehidupan kaum santri dan umat beragama yang lebih sejahtera secara ekonomi.

4. APBN & APBD yang pro-desa
Pandangan dan sikap PKB sehubungan dengan kondisi kehidupan masyarakat desa yang masih jauh tertinggal, serta agenda perjuangan PKB dalam mewujudkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat desa, melalui penyusunan regulasi tentang desa dan alokasi anggaran 20% APBN dan APBD untuk pembangunan desa, atau agenda perjuangan setiap desa harus mendapatkan minimal Rp 1 miliar/tahun.

Coba bayangkan dengan anggaran ADD (alokasi dana desa) yang  selama ini diterima rata-rata desa di seluruh Nusantara, yang angkanya berkisar Rp 150 juta – Rp 250 juta/tahun. Bagaimana mungkin masyarakat di desa bisa mengatur dana sebesar itu untuk berbagai kebutuhan pemberdayaan masyarakat desa, selain untuk kebutuhan membangun infra struktur desa yang umumnya sangat tertinggal?

5.Penyelamatan lingkungan hidup
Pandangan dan sikap PKB tentang kondisi lingkungan hidup dan pemanfaatan sumberdaya alam untuk kepentingan pembangunan yang belum dilakukan dengan benar, terutama di beberapa daerah yang mengandalkan potensi sumberdaya alam sebagai penopang kekuatan ekonomi daerah.

Pengelolaan lingkungan hidup dan pemanfaatan sumberdaya alam harus diletakkan pada dua aras dan  kepentingan utama secara bersamaan, yaitu untuk menjamin terpenuhinya kesejahteraan rakyat di daerah pada satu sisi, dan pada sisi lain dan dalam jangka panjang  adalah tetap terpeliharanya ekosistem di suatu kawasan/daerah untuk kemaslahatan umat manusia di kemudian hari.(Adv)
Share this article :

Posting Komentar

Jumlah Pengunjung

Flag Counter
 
Support : Creating Website | Cecep Sukandi | Shafarisa
Copyright © 2013. Shafarisa - All Rights Reserved
Template Created by CV-SHAFARISA Published by Cecep Sukandi
Proudly powered by Blogger